Powered By Blogger

Sabtu, 22 Mei 2010

Keris Patrem (1)

/3.jpg">






"Klik Gambar Untuk Memperjelas"


Keris Kecil ini ( Panjang bilah : 14 cm ) saya dapati dengan bilah yang berwarna rata coklat legam, tidak terlihat sama sekali apa yang disebut "pamor" dari wesi-nya.. Biasanya hal ini disebabkan oleh lamanya benda ini tidak pernah dibersihkan, sehinggak minyak oles yang biasa dipergunakan menebal dan menutupi besinya,

Sedikit-sedikit saya mengerti cara membersihkan bilah-bilah tua senjata tradional seperti ini, yang berbeda dengan membersihkan besi senjata tajam modern yang cukup dapat dibersihkan menggunakan Alat pemengkilap baja seperti Autosol dll .

Dengan memakai cara yang paling umum saya mulai membersihkan keris ini Besinya saya rendam dalam air kelapa dan setelah itu saya bersihkan berulang-ulang . Setelah diangin-anginkan beberapa kali barulah mulai terlihat gurat-gurat besinya.

Saya kurang memahami bentuk dan arti dari Pamor keris-keris dan senjata tradisional lain yang saya miliki tapi memperhatikannya memiliki kenikmatan tersendiri. Menurut Seorang teman yang mengerti masalah ini keris ini adalah keris yang dulunya biasa diperuntukan bagi kaum wanita, dan dari bentuknya yang sedikit melengkung biasanya merupakan keris dari daerah Riau atau Bugis ( sesuai pada waktu saya memperolehnya, pemilik lama menyebutnya : "Badik" ....dan Bukan Keris..hehe..) ..

Keris Patrem.
Panjang Bilah : 14 cm
Panjang berikut gagang : 20 cm
Warangka : Kayu...?
Gagang : Kayu Kemuning.
Dhapur Keris : Lar Bango.
Pamor Keris : Bawang sebungkal pada bagian pangkal,serta wengkon & ngulit semangka
Tangguh : Tangguh Melayu Abad 18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Lukito Artifact

Assalamuallaikum Wr.Wb..Ini Blog saya khususkan dengan beberapa Harapan, terutama untuk ajang bertukar cerita dan informasi benda-benda Traditional Collectable, seperti senjata senjata traditional serta barang lainnya dan juga agar tidak terlalu memberatkan Blog saya terdahulu Lukito Gallery.
Pengetahuan dan Jumlah Koleksi saya tidaklah seberapa, karena itu yang saya harapkan adalah dapat saling mempertemukan sesama penghobby senjata trdional dan dapat saling membagi Ilmu dan Informasi . Apabila terdapat cerita berbeda ,koreksi serta sara-saran dapat dikirimkan melalui email ahlukito@yahoo.com, atau melalui 0813 2020 0110. Terimkasih.

Popular Posts

Pengikut