Powered By Blogger

Selasa, 30 November 2010

Tongkat Paku Komando - SOLD -
























Sejak saya memiliki benda ini, tidak tahu banyak mengenainya. Beberapa Penghobi senjata sepuh atau senjata tradional pernah mendiskusikannya...apakah ini termasuk senjata tombak atau bukan, sepuhkah umurnya , termasuk pusaka kah dll. Tetapi yang pasti Beberapa Penghobi saya tau juga menyimpan atau memiliki senjata berbentuk paku segi empat ini.

Dengan bentuk dasar yang sama tapi keunikan yang berbeda satu sama lainnya. Senjata diatas memiliki keunikan di tengan bilahnya yang terdapat "kuku" pada keempat sikunya. Dengan dibalut warangka bernentuk tongkat komando ( panjang +/- 40cm ) dengan ukiran logam sebagai ornament penghiasnya. Panjang Bilang hanya sekitar 15 cm saja. sedankan panjang hulunya sekitar 17 cm.... Ada sedikit cacat pada ornament ukir pada penutup gagang nya, mungkin pernah terjatuh sebelumnya.

- SOLD -
Note : Baca juga Komentar.

4 komentar:

  1. share dikit pak lukito,
    secara fungsional rasanya lebih tepat klo dijuluki tipe sajam rahasia. Karena menyamarkan fungsi tikam dibalik fungsi tongkat (dwi-fungsi. Di buku "keris lombok" di-ungkap pegangan para kaum bangsawan jg punya senjata model ini. Hanya kami di Lombok menyebut istilah lokalnya 'tempius'. ukuran mmg bahkan lebih panjang, mendekati lonjor tongkat bantu jalan bg para manula sbg alat bantu bela diri. skalipun ada jg size sedang. melihat rupa tempa bilah jelas garapan lama. Dan bbrp kalangan anggep kategori tosan aji. tp mgkn yg sdh jenis 'isian'. entah klo yg d pndg sbg benda seni.

    BalasHapus
  2. Terimakasih mas Taufan, betul ini masukan baru buat saya, Jadi di daerah Lombok yang mirip seperti ini dengan ukuran lebih panjang disebut 'Tempius' ya..? hmm.. mesti lebih menarik bentuknya.

    Mengenai "tosan Aji" saya sebenarnya sudah dengar dari pemilik sebelumnya. tapi karena hanya dua kali melihat yang seperti ini.. jadi jujur agak ragu tadinya. Tapi yang pasti secara seni, 4 buah kuku ditengahnya menarik ya...

    Sekali lagi trims untuk sharing pencerahannya.. jangan bosan ya..paling tidak pengetahuan saya bertambah.

    Salam .

    BalasHapus
  3. Salam Rahayu Mas Lukito,

    sy ingin mengetahui, apakah tongkat paku komando ini masih ingin dimaharkan?

    apabila iya, sy berminat..

    terimakasih banyak sebelumnya..


    Kurnia AS
    ksatriari@gmail.com

    BalasHapus
  4. Salam kenal Pak Lukito,
    Sedikit menambahkan .
    Tongkat Komando semacam ini biasanya dari kayu sulaiman atau stigi laut. Sejak jaman dulu dipercaya menolak ilmu hitam dan membawa kewibawaan pemiliknya.Sampai sekarangpun masih dipakai oleh kalangan militer kita sbg tongkat komando.
    Untuk mengetesnya, cuil sedikit kayu tsb. Bila direndam dlm air akan tenggelam.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Lukito Artifact

Assalamuallaikum Wr.Wb..Ini Blog saya khususkan dengan beberapa Harapan, terutama untuk ajang bertukar cerita dan informasi benda-benda Traditional Collectable, seperti senjata senjata traditional serta barang lainnya dan juga agar tidak terlalu memberatkan Blog saya terdahulu Lukito Gallery.
Pengetahuan dan Jumlah Koleksi saya tidaklah seberapa, karena itu yang saya harapkan adalah dapat saling mempertemukan sesama penghobby senjata trdional dan dapat saling membagi Ilmu dan Informasi . Apabila terdapat cerita berbeda ,koreksi serta sara-saran dapat dikirimkan melalui email ahlukito@yahoo.com, atau melalui 0813 2020 0110. Terimkasih.

Popular Posts

Pengikut